Minggu, 15 Januari 2012



JAMBU BIJI BUAH MANIS BERKHASIAT



Asal Mula dan Jenis Jambu Biji
Masyarakat mengenal jambu biji sebagai jambu batu atau jambu klutuk. Tanaman ini berasal dari Amerika Tengah, yang cocok dibudidayakan di kawasan beriklim tropis, seperti Malaysia, Sri Lanka, Vietnam dan Indonesia. Di India, jambu biji disebut dengan nama amarood atau jamrukh. Sedangkan di beberapa negara, jambu biji mempunyai nama yang hampir mirip. Di Spanyol orang menyebutnya sebagai guyava, di Perancis disebut guyave, sedangkan di Belanda disebut guyaaba.
Bentuknya pun bermacam-macam, ada yang bulat, agak lonjong dan lonjong. Warna daging buahnya ada yang putih dan merah. Di pasaran jambu biji ada yang produksi dalam negeri dan ada yang impor dari Thailand. Jambu biji lokal umumnya kecil sedangkan jambu biji impor besar-besar. Kebanyakan jambu biji lokal ukurannya kecil, daging buah tebal dan lunak, rasa yang manis dan biji yang tidak terlalu banyak.







Kandungan Gizi dan Manfaat Jambu Biji
Diantara ragam buah lainnya, jambu biji mengandung serat paling tinggi yaitu 4/1 mg per 100g. Pada kulit dan daging buahnya tersimpan vitamin C yang cukup banyak lebih tinggi dibanding buah jeruk.

Dibandingkan buah jambu biji yang berwarna putih, jambu biji yang daging buahnya berwarna merah lebih banyak kandungan betakaroten-nya. Kombinasi antara vitamin C dan betakaroten serta unsur mangan dan magnesium yang tinggi dalam jambu biji menjadikan jambu biji sumber anti oksidan yang baik. Dianjurkan dikonsumsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh.
Kelebihan lainnya, jambu biji mengandung sejumlah asam amino essensial, seperti leusin, isoleusin, fenilanin tronin dan valin, yang membantu membangun sel-sel pertahanan tubuh dan memperbaiki sel-sel yang rusak. Jambu biji kaya akan serat yang larut dalam darah terutama pectin. Artinya jambu biji bersifat menurunkan kadar kolesterol dan gula dalam darah. Selain itu jambu biji mampu menurunkan kadar lemak dan gula yang berasal dari makanan dan membuangnya ke luar tubuh.
Bagaimanakah hubungan antara khasiat jambu biji dengan kesembuhan dari serangan penyakit demam berdarah? Diketahui virus demam berdarah menurunkan jumlah trombosit darah secara drastis. Akibatnya cairan plasma darah mengalir keluar pembuluh darah, sehingga tekanan darah menjadi tidak terkendali. Untuk menanggulanginya perlu diberikan cairan pengganti plasma, yaitu memberikan jus jambu biji merah. Tapi jus jambu biji merah hanya membantu menormalkan kadar cairan plasma, jadi tidak menyembuhkan penyakitnya. Jambu biji merah kaya akan vitamin C yang berperan memulihkan fungsi ketahanan tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar