Selasa, 03 Januari 2012


INFORMASI TENTANG COKELAT

Siapa yang tidak kenal dengan cokelat, makanan lezat yang sering dianggap menjadi penyebab kegemukan.
Darimanakah Cokelat berasal? Dalam mitologi Yunani cokelat disebut Theobroma cacao yang berarti makanan para dewa. 
 
Kata cokelat berasal dari kata cacao bahasa Indian suku Olmek.Suku Aztec menyebutnya Xocolate yang berarti air pahit.Konon suku ini sudah mengkonsumsinya sejak tahun 300 SM. 
Mereka mengeringkan biji cokelat secara tradisional, menghaluskan dan mengkonsumsi sebagai minuman.

 Berikut kandungan gizi dan manfaat dari cokelat.
  1. Menjaga kesehatan jantung. Penelitian mutakhir melaporkan , kandungan flavonoid pada cokelat dapat menghambat oksidasi  kolesterol  jahat/LDL sehingga menyehatkan jantung .Flavonoid juga meningkatkan kadar prostasiklin, substansi yang diproduksi endothelium pembuluh darah yang dapat menghambat masuknya LDL ke pembuluh darah.
  2. Sebagai anti oksidan. Selain fungsi di atas, flavonoid juga merupakan antioksidan pencegah kanker. Procyanidin membersihkan senyawa radikal bebas di dalam tubuh dan membantu menghambat oksidasi  enzim-enzim seperti lipoxygenase.
  3. Meningkatkan libido seksual. Memakan cokelat dapat menimbulkan perasaan senang.Kandungan phenylethylamine juga membantu meningkatkan gairah seksual. Zat ini juga dapat memperbaiki suasana hati (mood). Cokelat juga mengandung zat theobromine yang membuat jiwa lebih tenang.

Nah, ini dia contoh beberapa hasil olahan cokelat
1.       Cocoa butter/mentega cokelatSebagian orang menyebutnya pasta cokelat bentuknya kental, terbuat dari 50% cokelat, gula, flavor dan bahan pengental. Biasanya digunakan untuk membuat es krim atau aneka dessert. 
2.       Chocolate powder/cokelat bubukDibuat dari ampas biji cokelat yang dikeringkan dan digiling menjadi tepung cokelat. Biasanya digunakan sebagai campuran kue kering atau cake. 
3.       Dark cooking chocolate/cokelat masak hitamTerbuat dari cocoa butter, cocoa liquer, gula, lecithin dan flavor. Bila ditambahkan susu akan menjadi milk cooking chocolate. Dark cooking chocolate biasa digunakan untuk campuran aneka kue seperti black forest, cookies, cake atau wafer… 
4.       Muisjes/rice chocolateKita lebih mengenalnya dengan nama meises. Bentuknya menyerupai beras dengan aneka warna. Jika berbentuk bulat pipih disebut chocolate chips. Biasanya digunakan untuk hiasan atau campuran kue, roti, cake dan biscuit. Cokelat jenis ini dibuat dari bungkil biji cokelat, mentega, gula, susu, minyak cokelat dan essens.

Nah, itu tadi sedikit informasi tentang cokelat, sudah tahu akan  asal, manfaat dan contoh hasil olahan cokelat. Semoga berguna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar