Selasa, 17 Januari 2012



LABU KUNING SAYURAN BUAH YANG POTENSIAL

Banyak orang yang tidak tahu bahwa labu kuning merupakan sayuran yang sangat potensial hampir seluruh bagiannya, mulai dari daun, buah hingga bijinya dapat dimanfaatkan. Selain itu labu kuning juga berkhasiat mencegah kanker dan penyakit jantung.
Di Indonesia labu kuning disebut juga labu parang atau waluh. Pada mulanya tumbuhan yang mempunyai nama latin Cucurbita Pepo ini merupakan makanan asli penduduk Amerika. Sayuran buah inibrasal dari Peru atau sekitar daerah Meksiko. Kemudian dibawa ke Eropa sampai ke Afrika dan Asia.
Labu kuning atau labu parang merupakan tumbuhan semusim yang ditanam sebagai tanaman tumpang sari bersama jagung atau padi. Sayuran buah ini merupakan tanaman rambat yang buahnya berukuran besar hingga sering disebut raja labu.

Kandungan Gizi dan Manfaat Labu Kuning
Labu kuning banyak mengandung sumber betakaroten, karotenoid, serat dan zat besi. Dari penelitian terbukti bahwa betakaroten dapat melindungi tubuh dari kanker dan mencegah penyakit jantung. Labu kuning juga mengandung sumber karotenoid yang dapat mencegah penyakit katarak. Sementara kandungan serat di labu kuning dapat melancarkan pencernaan.
Selain buahnya, biji labu kuning juga bermanfaat sebagai obat anti mabuk dan pembasmi cacing pita dalam usus. Caranya dengan menumbuk biji labu kuning hingga halus, kemudian tambahkan gula, rebus lalu saring. Larutan diminum sebelum makan atau saat perut kosong, setelah tiga jam minum obat pencahar, cacing akan keluar saat buang air besar.

Manfaat dan Hasil Olahannya
Di negara barat, labu kuning umumnya diolah menjadi sop, roti, cake, bir dan kue pai. Di Indonesia buah labu sering dijadikan kudapan seperti telah dikemukakan sebelumnya, selain biji labu kuning juga dapat dimanfaatkan dan diolah menjadi kuaci. Caranya : cuci bersih biji labu parang, beri garam, aduk rata lalu keringkan. Sedangkan daunnya bisa dijadikan sayuran, seperti tumis pucuk labu. Bagaimanapun cara pengolahannya, sayuran buah ini sangat bermanfaat bagi kesehatan dan nikmat untuk dikonsumsi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar